Layanan pada sistem telematika
1.
Layanan Keamanan
2.
Layanan Informasi
3.
Layanan Context aware dan Event Base
4.
Layanan Perbaikan Sumber
1.
Layanan Perbaikan sumber
Layanan
perbaikan sumber ialah pelayanan yang diberikan dalam perbaikan sumber daya
manusia. Orang yang melakukan aktifitas
berhubungan dengan informatika, telekomunikasi, dan media sebagai
pengelola, pengembang didalam lingkungan masyarakat umum. Konsep pengembangan
SDM telematika bertujuan untuk meningkatkan kualitas, kuantitas, pendayagunaan
SDM guna mengatasi kesenjangan digital dan informasi dan meningkatkan
kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan TI secara efektif.
Contoh
: Buku telepon Yellow Pages
2.
Layanan Keamanan
Layanan
keaman ialah pelayanan yang diberikan untuk membantu sistem mengamankan
jaringan tanpa menghalangi penggunaannya dan menempatkan antisipasi ketika
jaringan berhasil ditembus. Keamanan jaringan disini adalah memberikan
peningkatan tertentu untuk jaringan .
Contoh
: Antivirus
Panggilan darurat polisi
3.
Layanan Context aware dan Event Base
Layanan
context aware dan event base ialah pelayanan network untuk mengetahui berbagai
konteks , yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna.
Contoh
: Pelayanan Diagnosis kendaraan
Asuransi mobil berdasarkan statistik
mengemudi
4.
Layanan Informasi
Layanan
informasi ialah layanan yang diberikan untuk menyampaikan informasi kepada
sasaran layanan agar individu dapat mengolah dan memanfaatkan informasi
tersebut untuk kepentingan hidup dan perkembangannya.
Contoh
: Layanan Informasi Cuaca
Layanan Informasi Traffic
Layanan Informasi Berita
Kelebihan
Telematika
1.
Meningkatkan pengembangan kapasitas industri dan
pelayanan publik
2.
Memberikan rasa aman kepada masyarakat dengan
keamanan yang diberuka layanan telematika
3.
Memperluas wawasan masyarakat tentang
perkembangan teknologi
Kekurangan
Telematika
1.
Minimnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan
teknologi informasi untuk hal-hal yang posotif
2.
Masih adanya celah untuk para peretas dalan
layanan keamanan
Saran
Pelayanan yang diberikan oleh sistem
telematika sudah cukup baik. Dilihat dari penggunaan oleh masyarakat yang sadar
akan manfaat yang diberikan oleh layanan untuk meningkatkan kualitas hidup
mereka. Namun masih harus diperhatikan terkait kesadaran masyarakat yang
menggunakan layanan telematika untuk aktifitas yang merusak moral diri yaitu
dengan mengakses situs pornografi walaupun sudah ada upaya dari pemerintah
untuk menimalisir akses ke situs pornografi.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar